Sabtu, 28 September 2013

Network Devices

Masih tentang materi Jaringan Komputer, sekarang saya akan membahas tentang Network Devices (Perlengkapan Jaringan).

Tujuan dari pembahasan ini, yaitu kita dapat mengetahui perangkat-perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer, dan dapat memahami penggunaan dari setiap perangkat dalam jaringan komputer.

Network Devices terbagi menjadi empat, yaitu :
1. Host
host dapat berupa workstation (komputer yang menggunakan jaringan untuk berhubungan dengan komputer lain atau dengan server), handheld device (komputer kecil yang dapat digenggam dengan tangan, seperti handphone), electronic device (peralatan elektronik), dan server (suatu sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu).

2. Transmission Media
 Transmission media merupakan medium transmisi yang digunakan, diantaranya berupa kabel. 
kabel coaxial
kabel fiber optik



Kabel twisted pair UTP, STP


3. Interface (network interface)

Network interface merupakan antarmuka antara station/node tertentu dan jaringan (dalam hal ini media transmisi). Network interface pada jaringan kabel berbentuk kartu yang disebut : Network Interface Card (NIC)/ Ethernet card/ Network card. Network interface pada jaringan nirkabel disebut sebagai wireless interface / wireless interface card. Setiap network interface memiliki alamat physical address yang berfungsi mengontrol komunikasi data host dalam LAN dan medium. Penentuan jenis network interface yang akan digunakan, didasarkan pada media transmisi, topologi jaringan dan tipe koneksi. 


4. Connecting devices (perangkat koneksi)
Connecting device bertugas mengoneksikan kepada beberapa komponen. Berikut merupakan jenis-jenis dari perangkat koneksi :
  • Repeater
Repeater merupakan suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server dan menyebarkannya kembali. Repeater beroperasi pada layer physical, dan umumnya digunakan pada thick dan thin net (Kabel coaxial), dengan topologi bus.
Fungsi repeater :
- untuk mengcover daerah-daerah yang lemah sinyal dari server
- untuk memperjauh sinyal dari server
- untuk mempermudah akses sinyal WIFI dari server

  • Bridge
Bridge berfungsi sama dengan repeater, namun lebih cerdas dan fleksibel. Bridge sebenarnya adalah repeater
yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan meskipun tipe jaringan (Standard dan fast ethernet) dan jenis kabel (Coax dan UTP) berbeda. Bridge beroperasi pada layer physical dan data link. Bridge berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan membaca alamat MAC (Media Access Control) dari setiap paket data yang diterima, dan kemudian mempelajari dridging table untuk memutuskan apa yang akan dikerjakan selanjutnya pada paket data tersebut, apakah diteruskan atau diabaikan. 



  • Hub
Hub pada dasarnya adalah multiport repeater. Hub berfungsi sebagai konsentrator, perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation. Pada hub, sinyal yang diterima dari suatu port tertentu, akan diteruskan ke semua port. Hub digunakan pada jaringan
topologi star dan beroperasi pada layer physical. 
Fungsi Hub :
  1. Memfasilitasikan Penambahan penghilangan atau penambahan workstation
  2. Menambah jarak network (fungsi sebagai repeater)
  3. Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring, FDDI)
  4. Menawarkan featur yang fault tolerance (isolasi kerusakan)
  5. Memberikan menejemen yang tersentralisasi (koleksi informasi, diagnostic)


  • Switch
Switch adalah sebuah Networking Device yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa node dalam jaringan namun memiliki fungsi lain yaitu sebagai pencegah Collision (tabrakan) dengan cara memberikan jalur aliran data masing-masing sesuai Port/Collision Domain. Komunikasi data dapat dilakukan tanpa ada masalah.  Switch pada dasarnya adalah multiport bridge yang berfungsi sebagai konsentrator, perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, sama dengan hub namun lebih cerdas. Signal yang diterima dari satu port akan diteruskan ke port tertentu sesuai tabel filter. Switch beroperasi pada layer physical dan data link dan digunakan pada jaringan topologi star. Dengan switch, maka kecepatan pentransferan data lebih terjamin.



  • Router
Router adalah alat yang menghubungkan beberapa Local Area Network. Router beroperasi pada layer physical, data link dan network. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, dan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP).






 Sekian pembahasannya, maaf bila penjelasannya tidak lengkap. Terima Kasih :)

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar