Sabtu, 28 September 2013

Data Link Layer



Kembali lagi :)
pada kesempatan kali ini, saya akan membahas salah satu bagian dari 7 model OSI layer, yaitu Data Link Layer.

Data link layer berfungsi mengatur pengiriman frame dari satu lompatan ke lompatan berikutnya, dan memastikan frame tersebut diterima dengan baik.   




data link layer terbagi menjadi 2 sublayer, yaitu data link control dan media access control. Data link control memiliki beberapa fungsi. berikut fungsi beserta penjelasannya :
1. Error control
data dapat mengalami kerusakan (error) pada saat pengiriman data. naah, error control ini yang bertugas menangani apabila ada kerusakan data berupa single-bit error (hanya 1 bit dalam data yang berubah) dan burst error (2 atau lebih bit yang berubah). 
Burst error



Single bit error


ketika terjadi error, maka error control akan mendeteksinya menggunakan konsep redudansi dengan menambah bit pada tempat terjadi error tersebut.

Metode deteksi error :
  • Parity Check
       cara kerja parity check yaitu dengan menambahkan bit parity pada unit data, sehingga jumlah bit 1 menjadi genap.
  • Cyclic Redundancy Check (CRC)
          cara kerja ini melalui pembagian dengan menambahkan CRC remainder pada unit
data, sehingga codeword yang dikirim habis dibagi bilangan tertentu.
  • Checksum
       menjumlahkan suatu data yang telah dibagi menjadi dua kemudian dikomplemenkan (dibalik). Lalu ketika dikirim, maka dijumlahkan semuanya (data dan checksum). apabila semua hasilnya adalah 1 atau komplemennya semua 0, maka data diterima dan dilanjutkan ke layer berikutnya. 

Metode koreksi error :
  • Retransmission (frame yang error akan dikirimkan kembali)
  • Forward Error Correction (frame yang berisi informasi tambahan dapat dideteksi dimana terjadi error dan menjelaskan dimana aliran bit yang diterima error)

2. Flow Control
Fungsi kedua dari data link yaitu flow control. Flow control berfungsi mengatur aliran pengiriman data dari lompatan demi lompatan agar penerima tidak kebanjiran data. 

Diagram Flow              
sender mengirim data dengan selang waktu tertentu (waktu propagasi), kemudian diterima oleh receiver dengan mengirim konfirmasi kembali kepada sender.

Mekanisme Flow Control
  • Stop-and-Wait ARQ
sender akan mengirim frame pertama dan frame berikutnya akan dikirimkan setelah sender menerima konfirmasi (ACK) untuk frame sebelumnya dari receiver (artinya frame akan dikirimkan satu per satu). Jika sender tidak menerima konfirmasi (terjadi error saat pengiriman), maka frame akan dikirim ulang.



  • Go-Back-N ARQ
Beberapa frame akan dikirimkan dalam waktu yang bersamaan sementara menunggu konfirmasi (ACK) dari receiver. Jika sender tidak menerima konfirmasi dalam selang waktu tertentu, maka frame akan dikirimkan kembali dari awal. 



  • Selective Repeat ARQ
hampir sama dengan Go-Back-N, dimana beberapa frame akan dikirimkan dalam waktu yang bersamaan. Jika ada frame yang error, maka receiver akan mengirimkan konfirmasi negatif (NAK), dan frame (hanya yang error) akan dikirimkan kembali.




3. Media Access Control
media acces control bertugas menangani akses/link terhadap media untuk menghindari tabrakan dalam medium. Media access control terbagi menjadi dua protokol : 
1. Point-to-point Access (hanya satu data link yang digunakan/diakses)
2. Multiple Access (beberapa data link yang digunakan/diakses)


4. Addressing
Selain berfungsi sebagai error control dan flow control, data link layer juga bertugas untuk pengalamatan (addressing) agar suatu frame dapat sampai pada lompatan berikutnya. Alamat pada data link juga disebut alamat Fisikal, alamat MAC, atau alamat Ethernet. Alamat Ethernet terbagi menjadi tiga, Unicast (satu tujuan mesin), Multicast (satu pada beberapa mesin), dan Broadcast(satu pada semua mesin).
Alamat layer data link


5. Framing
Salah satu fungsi dari data link juga yaitu melakukan enkapsulasi (pembungkusan). Paket dari layer sebelumnya dibungkus menjadi frame. Format frame ada dua, wired LAN (menggunakan kabel) dan wireless LAN (tanpa kabel) dengan fungsinya masing-masing. 






 sekian pembahasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih :)
 Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar